Selasa, 19 November 2019

DNS Name Server

DNS NAME SERVER 

DNS Name Server merupakan tempat atau server yang digunakan untuk mengetahui domain yang digunakan dari IP karena pada saat kita mengakses suatu situs kita sebenarnya mengakses suatu ip seperti contoh pada saat kita ketik www.google.com Kita akan akan mengakses ip google.com untuk mempermudah kita penghafalan tanpa harus mengingat ip pada setiap situs yang kita kunjungi.

Cara kerjanya DNS Server ini adalah client yang mebuat suatu permintaan akan masuk ke file host untuk mencari dimana hostnamenya berada mengidentifikasi hostname nya punya dia atau bukan jika bukan maka akan diteruskan oleh Resolver  program untuk mencari dimana name server yang digunakan dengan Query dari domain ke ip yang dituju masuk ke server diperiksa named.conf apakah benar domain sama dengan ip yang ditujukan dan kemudian akan dikembalikan lagi kepada client.

 

langsung saja kita buka linux debiannya :

1. Ketikan perintah # nano /etc/network/interfaces  untuk masuk ke konfigurasi ip kalian seperti gambar dibawah ini


2. Setelah itu kalian setting ip kalian sesuai dengan jaringan internet yang kalian guanakan contohnya seperti gambar dibawah ini, kemudian tekan CTRL + X untuk keluar dari konfigurasi dan tekan selanjutnya y untuk save konfigurasi IP kemudian ENTER.


3. Setelah itu restart networknya dengan perintah #  /etc/init.d/networking restart dan ketikan perintah # apt-get update untuk update konfigurasi.


4. Setelah itu instal aplikasi DNS Server Bind9.
ketikkan perintah #apt-get install bind9


5. Setelah itu kalian masuk ke directory bind9 dengan perintah # cd /etc/bind

6. Setelah itu ketikkan perintah # nano named.conf.options untuk konfigurasi direktif-direktif yang optional seperti pada gambar dengan dns google
 

7. Setelah itu ketikkan perintah # nano named.conf.local
berfungsi untuk konfigurasi pemisahan akses local dengan akses publik. zone pertama kalian ketikkan domain name yang ingin kalian buat untuk sebagai domain dari IP kalian buat.

 
Keterangan : 1.168.192 merukan invers dari ip network kalian 192.168.1.ip_host

8. Setelah itu ketikkan perintah 
# cp db.local db.domain
# cp db.127 db.refdk 
untuk copy file db.local dan db.127 ke dalam db.domain dan db.refdk 

 9. Setelah itu ketikkan perintah # nano db.domain untuk konfigurasi seperti gambar dibawah ini 

 
Keterangan : pada kotak yang diatas kalian ketikan domain kalian dengan tanda "."


10. Setelah itu ketikkan perintah # nano db.refdk 

Keterangan : jadi ada 4 domain, domain utama garsiskom.com, www.garsiskom.com merupakan sub domain yang jika nantinya digunakan untuk mengakses webserver  dengan menggunakan jalur http ataupun https, domain tersebut memiliki IP Address Webserver kalian seperti gambar diatas yaitu 192.168.1.211 dan mail.garsiskom.com merupakan sub domain untuk Mail Server dengan IP yang mengarah sama dengan IP Webserver untuk pengganti IP kalian

11. Setelah itu ketikan perintah # nano /etc/resolv.conf  untuk konfigurasi suatu domain yang akan ditujukan ke ip


12. Setelah itu restart bind 9 dengan perintah # /etc/init.d/bind9 restart

13. Setelah itu ketikkan perintah # nslookup untuk ns.garsiskom.com untuk menguji apakah konfigurasi DNS server berhasil dilakukan seperti gamabar dibawah ini



Sumber :
Modul JKL Praktikum Gunadarma
Modul JKL Panduan Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar