Minggu, 09 April 2017

TUTORIAL INSTAL LINUX KULIAX PADA WMWARE

Sebelumnya apa sih itu Kuliax ?

Kuliax adalah sebuah distribusi Linux LiveCD yang dikembangkan oleh Kuliax Project untuk pendidikan di universitas. Distribusi ini awalnya berbasis Debian GNU/Linux dan Knoppix, kemudian setelah versi 6.0 pengembangannya diubah ke basis DebianGNU/Linux dan Debian Live. Kuliax dioptimasi ke arah penggunaan desktop Linux. Berkas image Kuliax dapat diunduh dan didistribusikan dengan bebas.

Fitur yang dimiliki Kuliax :
  • LiveCD: Anda dapat mencoba/menjalankan Kuliax langsung dari CD dan dapat pula diinstal di harddisk jika Anda menginginkannya
  • Cepat dan responsif: Sistem Kuliax telah dikonfigurasi dan dioptimasi untuk penggunaan desktop, seperti tambalan -ck patchset yang didesain untuk meningkatkan interaktivitas/latensi pada kernel Kuliax, dan lain-lain.
  • Lingkungan yang indah: Kuliax menyediakan antarmuka yang nyaman untuk bekerja
  • Deteksi/dukungan perangkat keras dan konfigurasi otomatis: Kuliax dapat mendeteksi dan mengkonfigurasi hampir semua perangkat keras yang Anda miliki
  • Dukungan komputer dan laptop modern: ACPI, Hibernate, WiFi driver dan utilitasnya, banyak tipe sistem berkas termasuk NTFS-3G untuk dukungan baca dan tulis sistem berkas NTFS
  • Berisi aplikasi lengkap untuk penggunaan umum seperti aplikasi perkantoran (office)multimedia, produktivitas, utilitas, dan program-program untuk pendidikan khususnya di universitas atau pendidikan tinggi.

Tutorial langkah-langkah instal Linux Kuliax dan membuka menu konsole pada WMware Workstation :

1. Klik icon/gambar aplikasi WMware di dekstop/di layar utama PC/Laptop kalian.


Setelah di klik akan tampil aplikasi seperti dibawah ini.



2. Selanjutnya klik Create a New Virtual Machine yang bergambar TAMBAH/PLUS. Atau bisa kalian arahkan kursor mouse kalian ke sudut kiri aplikasi dan pilih menu file dan klik New Virtual Machine dan juga bisa kalian langsung tekan CTRL+N pada keyboard, seperti gambar dibawah ini.

3. Setelah itu setting pengaturan yang ingin kalian pilih Typical atau Custom, pilih Custom untuk kalian yang mau melakukan settingan lanjutan atau settingan yang kalian inginkan jika kalian tidak mau repot-repot menyetting / kalian tidak paham kalian bisa memilih pilihan Typical karena pilihan Typical sudah direkomendasikan settingan umum atau settingan standart dan kemudian kalian klik Next seperti dibawah ini.

4. Setelah itu pilih Installer disc image file (iso) untuk kalian yang mempunyai Sistem Operasi yang berformat / berbentuk file iso dan klik browse disampingnya untuk mencari letak Iso Sistem Operasi yang kalian punya, setelah itu klik Next untuk melanjutkan.



5. Setelah itu kalian pilih Sistem Operasi yang kalian instal karena saya sedang menginstal Linux pilih linux .Dan pilih version sistem operasi setelah itu klik Next.

6. Setelah itu ketik nama Virtual Machine dan pilih lokasi penyimpanan jika ingin mengubah lokasi penyimpanan default ke penyimpanan yang ingin kalian simpan dan klik Next>  seperti gambar dibawah ini.


7. Setelah itu muncul tampilan settingan yang sebelumnya disetting jika sudah benar yang kita inginkan klik Finish, jika masih ada yang dibenarkan bisa kalian klik <Back.

8. Setelah itu sudah jadi virtual machine yang dibuat tadi.Klik Power on the virtual machine untuk menjalankan sistem operasinya.

9. Setelah itu  akan masuk ke tampilan booting tunggu sebentar jangan ketik perintah yang tertulis disaat proses masuk sampai masuk ke tampilan dekstop.

10. Setelah itu masuk ke tampilan desktop dan instalasi selesai.

11. Jika ingin diperbesar atau full screen mode bisa kalin tekan CTRL + ALT + ENTER dan juga bisa kalian pilih menu view > setelah itu klik Full Screen atau juga langsung klik icon / gambar full screen, seperti dibawah ini


12. Setelah itu untuk masuk ke konsole linux kalian bisa arahkursor mouse kalian ke bagian bawah yang bergambar / berlogo monitor.




Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kuliax
Tegar Dwi Kurnianto


Selesai Selamat Mencoba ☺

2 komentar: