Sabtu, 22 April 2017

POLA POLA GRAMATIKAL BAHASA INDONESIA

Tegar Dwi Kurnianto
Universitas Gunadarma
Dosen : Ahmad Nasher

POLA GRAMATIKAL BAHASA INDONESIA
Menurut strukturnya, kalimat bahasa Indonesia dapat berupa kalimat tunggal dan dapat pula berupa kalimat majemuk. Kalimat tunggal merupakan kalimat yang terdiri atas satu subjek dan satu predikat. Pola pembentukan kalimat tunggal, bisa berpola S + P atau P + S. 
Sedangkan kalimat majemuk merupakan kalimat yang terdiri atas dua pola kalimat atau bahkan lebih. Kalimat majemuk bisa bersifat setara, tidak setara, ataupun campuran.
Kalimat tunggal terdiri dari satu subjek dan satu predikat. Pada dasarnya, kalau dilihat dari unsur-unsurnya, kalimat-kalimat yang panjang dalam bahasa Indonesia bisa dikembalikan kepada kalimat-kalimat yang sederhana.
Kalimat tunggal yang sederhana adalah kalimat yang terdiri dari satu subjek dan satu predikat. Sehubungan dengan hal itu, kalimat-kalimat yang panjang dapat pula ditelusuri pola-pola pembentukannya. Pola-pola inilah yang dimaksud dengan pola kalimat dasar.
POLA KALIMAT DASAR.
Kalimat dasar merupakan kalimat yang berisi informasi pokok dalam struktur inti dan hanya mempunyai satu pola kalimat. Sedangkan perkembangannya tidak membentuk kalimat baru.
Dengan kata lain, kalimat dasar atau kalimat tunggal terdiri dari dua unsur inti, yaitu subjek dan predikat. Bila kedua unsur ini tidak membentuk sebuah pola baru. Berdasarkan penelitian, pola kalimat dasar dalam bahasa Indonesia seperti tertera pada tabel dibawah ini :

Kalimat Tunggal


Kelima pola dasar diatas dapat diperluas dengan berbagai penjelasan atau keterangan. Pola-pola dasar tersebut dapat digabung-gabungkan sehingga kalimat tersebut menjadi luas dan kompleks.

Kesimpulan :
Menurut strukturnya, kalimat bahasa Indonesia dapat berupa kalimat tunggal dan dapat pula berupa kalimat majemuk. Kalimat tunggal merupakan kalimat yang terdiri atas satu subjek dan satu predikat. Pola pembentukan kalimat tunggal, bisa berpola S + P atau P + S. Sedangkan kalimat majemuk merupakan kalimat yang terdiri atas dua pola kalimat atau bahkan lebih. Pola-pola dasar tersebut dapat digabung-gabungkan sehingga kalimat tersebut menjadi luas dan kompleks.

PUISI
cipt: Tegar Dwi Kurnianto

                 Kenangan
Sedih kadang datang menghampiri
mengingat dirimi dihati

Tangan yang selalu menggangguku.
Bising suara terngiang ditelingaku.
Kesal, menyebalkan kudapatkan.

Waktu yang terkikis demi sedikit.
Rasa yang mulai tumbuh
kenapa harus tumbuh jika buah itu terasa pahit
walapun kutahu kamu sudah milik dia.
Mungkin bila rasa ini tidak tumbuh, buah pahit itu
tidak akan berbuah.

Bagai anak burung yang kehilangan ibunya.
Semua yang ada dalam dada hanya bisa ku pendam
Tidak mampu untuk ku ungkapkan.

Sikap dirimu yang membuat diriku kesal
tapi aku lebih kesal dengan rasa ini
yang membuat diriku jauh dengan mu.

Andai waktu bisa diputar kembali seperti musik.
Aku ingin sikapmu seperti dulu.
Aku hanya ingin menjadi teman yang selalu disamping mu.

Sumber :
http://sahabatnesia.com/jenis-jenis-kalimat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar